Rabu, 02 September 2009

Aspek Pasar dan Pemasaran

  • Profil konsumen
“Futsal Centre” nama ini dibuat dengan kesepakatan pemilik dalam rangka memanajemenisasi prospek bisnis yang akan dijalankan, tentunya dengan berbagai pertimbangan yang meliputi aspek pasar, prioritas objek, karakteristik komsumen dan ramalan permintaan serta analisis SWOT yang sebelumnya telah kami bakukan kedalam penelitian uji kelayakan. Dengan kesimpulan bisnis ini sangat layak untuk di kembangkan.

Terlepas dari semua itu, Futsal Centre juga menyediakan wahana pembelajaran korektif tentang skill dan teknik-teknik yang berkaitan dengan dengan needing seorang pemain yaitu dengan private studi yang dibekali dengan kemampuan bermain dan sebagai pelatihnya adalah orang yang terkait kontrak dengan manajemen Futsal Centre
  • Potensi Pasar
Besarnya kapasitas mahasiswa atau pelajar di kota Yogyakarta seolah menjanjikan prospek yang bagus terhadap bisnis ini, karena pada dasarnya olahraga futsal merupakan olahraga ya ng mayoritas peminatnya adalah para pelajar dan mahasiswa, ini membuktikan bahwa disamping akan menguntungkan, bisnis ini juga akan menumbuhkan dan membangkitkan semangat olahraga para peminatnya, karena seperti yang tertera pada profil konsumen tadi. Futsal Centre tidak hanya sebentuk perusahaan penyedia sarana, tetapi juga sebagai wahana pembelajaran skill dan teknikl-teknik bagi seorang pemain.

Ketatnya persaingan bisnis saat sekarang ini tidaklah menjadikan ancaman yang besar bagi prospek bisnis futsal, karena setelah melakukan penelitian kami mendapatkan data bahwa comparison antara pesaing dengan peminat adalah 3 berbanding 5. Jadi sesuai dengan pinetra pebisnis, ini adalah kesempatan emas diera globalisasi dan pasar bebas sekarang ini.

  • Market Share
Manajeman terdiri dari 4 orang yang mempunyai kapasitas yang sama didalam bisnis ini, hanyasaja posisinya dalam sistem manajerial yang berbeda. Sesuai dengan konsep manajerial contigency, kamipun membentuk manajemennya yang terdiri dari top manajer, manajer keuangan, manajer pemasaran dan manajer personalia.
Merangkup semua itu, keberhasilan seorang manajer adalah dinilai dari sejauh mana dan seberapa banyak kinerjanya dalam mengawasi, mempublikasi, memasarkan dan mengembangkan bisnisnya. Jadi bila masing-masing devisi itu sudah menjalankan kinerjanya dengan baik, tentunya bisnis itupun akan maju.

Didukung oleh the best opportunity yang sebelumnya diperkirakan akan mencapai titik maksimal 60%, ditambah lagi kinerja bagus yang diberikan para manajer yang terkait. Market Share dalam bisnis ini diperkirakan akan mencapai 67% dalam skala umum, artinya bisnis futsal akan dapat menguasai pasar khususnya dikota Yogyakarta dengan skala 67%, dan mengenai seberapa besa presentase peminat yang mengatasnamakan diri mereka sebagai pelanggan tetap pada tiap-tiap penyedia jasa tergantung dari sejauh mana perusahaan itu mamapu bersaing selingkup bisnis yang mereka kelola. Dan tidak terlepas dari prinsip ramalan dan perkiraan bisnis yang dilatarbelakangi oleh the best opportunity, strengh dan lokasi yang strategis serta profil yang bagus (nama, design dan pelayanan) futsal centre akan mampu bersaing mencapai 21% dalam skala presentase peminat futsal, artinya 21% dari kapasitas mahasiswa atau pelajar di Yogyakarta yang tentunya bagi mereka-mereka yang tertarik dengan olahraga futsal.
  • Analisis Kuantitatif dan Kualitatif
Mengenai kuantitatif, mungkin sebagai kategori pendatang baru atau pebisnis baru, futsal centre baru bisa menyediakan 1 tempat futsal yang terdiri dari 2 lapangan futsal yaitu yang bertempat di jl. kolombo, N0.098

Sesuai dengan prinsip bisnis bahwa semakin berkembangnya sebuah bisnis itu, maka sarana dan fasilitas serta penyedia sebagai satu lisensi pun akan bertambah, begitu juga dengan futsal centre. Insya Allah...

Mengenai kualitas, kenyamanan dan kepuasan dalam bermain adalah inti dari sebuah permainan, begitu juga dengan olahraga futsal. Adapun fasilitas yang lengkap, design lapangan yang bagus , suasana yang nyaman dan pelayanan yang ramah adalah faktor-faktor pendukungnya. Normal sekali bila seorang atlit lebih memilih tempat A jika disana fasilitasnya lebih lengkap daripada tempat B. Dan itulah salah satu faktor yang telah ditawarkan oleh futsal centre.

  • Karakteristik Konsumen
Sebagai perusahaan jasa, futsal centre tidak akan mempermasalahkan karakteristik konsumennya, tidak seperti perusahaan dagang yang tentunya produknya harus disesuaikan dengan karakteristik konsumen karena olahraga futsal hanyalah sebatas sarana dan wadah dimana para peminatnya bisa mendapatkan kepuasan atas tuntutan jiwa mereka. Mengenai harga atau tarif, itu tidak akan menjadi masalah jika kepuasan itu benar-benar telah dirasakan, artinya bila kualitas penyedia jasa itu bagus, dengan sendirinya akan terjadi kecocokan antara penyedia dengan peminat baik mengenai harga, dan lain-lain yang menyangkut ketetapan perusahaan dan permintaan konsumennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar